IBX5980432E7F390 Tips Jitu Cara Paling Baik Menyimpan Makanan Di Dalam Kulkas - Raja Resep Masak

ADVERTISEMENT

Tips Jitu Cara Paling Baik Menyimpan Makanan Di Dalam Kulkas

rajaresepmasak - Tips Jitu Paling Baik Menyimpan Makanan Di Dalam Kulkas karena Kulkas adalah tempat paling aman dan paling bagus dalam menyimpan bahan makanan anda. Namun menyimpan makanan didalam kulkas tidaklah boleh dengan sembarangan. Jika salah dalam penyimpanan dan peletakan, maka bahan makanan akan mengkontaminasi bahan makanan lainnya, atau bahkan bisa menjadi rusak.



Untuk membantu anda agar lebih memahami bagaimana cara menyimpan dan peletakkan bahan makanan didalam kulkas, Raja Resep akan berbagi tipsnya untuk anda semua sehingga makanan tetap layak digunakan dan semua bahan terjaga kualitasnya. Berikut adalah tips nya.

Tips menyimpan makanan roti minuman sayuran dalam kulkas :

  1. Pastikan agar suhu didalam freezer berkisar 5 derajat celsius. Biasanya pada suhu ini, bahan makanan yang disimpan akan lebih awet karena tercegah dari penyebaran bakteri. Menyimpan bahan makanan seperti daging, sangat baik pada suhu ini sehingga membuatnya lebih awet dan usia pakainya lebih panjang.
  2. Bersihkan freezer dengan bersih dan berkala agar terhindar dari aroma busuk dan bakteri bakteri jahat. Gunakanlah baking soda untuk membersihkan bagian kulkas yang terkena noda.
  3. Rak didalam kulkas, adalah bagian yang kedua terdingin setelah freezer. Bahan makanan yang cocok disimpan dalam rak ini adalah susu, ikan, dan bahan lain yang membutuhkan suhu dingin agar tidak mudah basi.
  4. Rak dibagian pintu, adalah bagian pada kulkas yang paling hangat suhunya. Setiap dibuka, maka bagian tersebut yang pertama mendapatkan udara yang lebih hangat. Bahan makanan yang cocok disimpan pada rak dibagian pintu adalah bumbu kering, telur, permen, dan minuman.
  5. Sayuran dan buah buahan memiliki tingkat kelembapan yang berbeda beda. Oleh karena itu, lebih baik dipisahkan posisi antara sayuran dan buah buahan sehingga tidak mempengaruhi tingkat kematangannya masing masing. Pada umumnya, buah akan mengeluarkan zat asam yang membuat sayuran lebih cepat matang, oleh karena itu, jika tidak ingin sayuran cepat busuk, maka pisahkan peletakkan antara sayuran dan buah buahan.
Selain itu, penting untuk menjaga kebersihan kulkas setiap harinya. Cucilah terlebih dahulu sampai bersih bahan makanan yang hendak disimpan didalam kulkas, agar bakteri yang melekat tidak ikut masuk kedalam kulkas. Gunakanlah tempat makanan yang berkualitas untuk menyimpan bahan makanan yang berbau tajam.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

1 Komentar Untuk "Tips Jitu Cara Paling Baik Menyimpan Makanan Di Dalam Kulkas"

  1. Halo teman-teman mohon bantuannya ya.. sekarang ini saya sedang mencoba untuk membuat wedang ronde, tapi ada beberapa kendala yang sampai sekarang saya masih belum tau apa sebabnya. Beberapa kendalanya seperti berikut ini:
    1. Terkadang bulatan pecah saat direbus
    2. Terkadang bulatan pecah saat diisi kacang(saat dibulat-bulat) (Adonan cepat kering meskipun sudah ditutup kain basah)
    3. Bila masih ada sisa ronde yang saya simpan maka bulatan menjadi sangat keras meskipun sudah direbus kembali
    4. Bagaimana cara untuk menyimpan ronde bila masih sisa? dan bagaimana agar bisa adonan lembut saat digigit? (tidak keras)
    5. Apakah pemberian campuran gula jawa pada bulatan kacang mempengaruhi kekerasan bulatan ronde? 6. Apakah ronde bisa disimpan lebih dari 1 hari?? Bila dapat bagaimana caranya?
    7. Apakah adonan yang sudah dibulatkan dan diisi kacang tetapi belum direbus apakah bisa disimpan dan bila direbus apakah sama rasanya bila dibuat secara langsung tanpa disimpan? bagaimana caranya??
    8. Apakah penggunaan tepung kanji yang terlalu banyak berpengaruh terhadap kerasnya bulatan(Semakin keras atau lembek)?

    BalasHapus