IBX5980432E7F390 5 Cara Atasi Kesalahan Saat Memasak Nasi Agar Menjadi Lezat Rasanya - Raja Resep Masak

ADVERTISEMENT

5 Cara Atasi Kesalahan Saat Memasak Nasi Agar Menjadi Lezat Rasanya

rajaresepmasak - Kesalahan Kecil Yang Kerap Terjadi Saat Memasak Nasi bukanlah hal spele yang sering kali diremehkan oleh banyak orang. Apalagi bila dengan menggunakan rice coocker atau magic jar, membuatnya semakin mudah. Dalam faktanya, memasak nasi dengan alat canggih sekalipun, tidak bisa menjamin nasi menjadi enak dan lezat. Ada beberapa hal kesalahan dalam memasak nasi yang kelihatannya sepele tetapi memberikan pengaruh yang besar terhadap nasi yang akan dihasilkan. Berikut adalah kesalahan yang terjadi yang bisa Raja Resep rangkum.



1. Terburu - buru

Setelah lampu warmer menyala, jangan buru buru untuk membuka tutup rice cooker. Biarkanlah sekitar 10 menit sampai nasi benar benar matang seutuhnya dan enak dimakan.
2. Mengikuti Aturan Memasak

Kalau anda membeli rice cooker yang baru, biasanya anda akan diberikan buku panduan untuk memasak nasi dengan benar. Namun ketika anda mencobanya, kenapa anda selalu gagal? Faktor terbesar dari kegagalan anda adalah kesalahan pada merek dan kualitas beras yang berbeda. Pada umumnya, disetiap daerah memiliki pasokan beras yang sangat beragam dan jarang ada yang sama. Itulah sebabnya mengapa anda harus mengerti dan mengetahui jenis beras apa yang anda konsumsi. Apakah jenis beras yang anda konsumsi termasuk jenis beras yang butuh banyak air? Sifat tersebut bisa menjadi parameter untuk anda mengatur seberapa banyak jumlah air yang dimasukkan agar nasi pas pada tekstur dan kualitasnya.
3. Tidak Menambahkan Garam.

Sama seperti pasta, anda dianjurkan untuk menambahkan garam sesuai banyaknya beras yang anda masak agar rasanya bisa enak dan gurih.

4. Memperlakukan Semua Nasi Sama. 

Nasi merah dan nasi putih berbeda perlakuannya. Bila memasak nasi merah, harus menggunakan air yang lebih banyak agar nasi bisa matang sempurna dan cukup lunak saat dikonsumsi karena nasi merah jauh lebih keras teksturnya dari nasi putih sehingga membutuhkan air yang lebih banyak.
5. Dengan Air Mendidih.

Apabila anda menggunakan panci penanak nasi, maka masukkanlah beras pada saat air dalam panci sudah mendidih. Memasak nasi dengan air yang belum mendidih akan membuat nasi jadi kurang matang. 

Dari kelima kesalahan diatas, anda melakukan kesalahan yang mana? Kami harap, setelah membaca informasi ini, anda tidak mengulangi kesalahan anda dalam memasak nasi.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "5 Cara Atasi Kesalahan Saat Memasak Nasi Agar Menjadi Lezat Rasanya"

Posting Komentar